Laman

Jumat, 28 Oktober 2011

Mengapa Kita Harus Tertawa

Tertawa adalah bahasa yang universal. Semua orang akan memahami arti sebuah tawa. Tertawa ada jauh sebelum bahasa itu muncul. Nenek moyang kita berkomunikasi dengan tawa.  



image: hajsmy.us

Apa arti tawa yang sebenarnya? Banyak orang beranggapan kalau kita tertawa kalau kita melihat hal-hal yang lucu atau humor. Padahal, tidak sepenuhnya itu benar. Menurut riset dari Dr. Robert R. Provine - profesor psychology dan neuroscience Maryland Baltimore County, hanya 10%-20% tertawa yang diakibatkan oleh humor. Sedangkan 80%-90% tawa diakibatkan oleh hal-hal yang sama sekali tidak lucu dan ada dalam percakapan kita sehari-hari. Contohnya, kata-kata "senang bertemu anda" atau "sampai bertemu lagi". Lagipula hal-hal yang lucu itu subjective. Hal yang lucu bagi kita belum tentu lucu bagi orang lain. Kita mulai tertawa sejak kita dilahirkan.  

Tertawa itu menular dengan cepat. Jika kita tertawa, orang lain juga akan ikut tertawa. Bahkan jika kita tidak mengenal orang itu, kita juga akan ikut tertawa jika melihat orang lain tertawa. Ini disebabkan oleh fungsi dari tawa itu sendiri. Tawa adalah hal umum. Kita akan lebih cepat tertawa jika kita bersama dengan orang lain. 

Tertawa itu otomatis. Kita tidak akan bisa mengontrol kapan kita mau tertawa. Mengapa kita harus tertawa? Ternyata banyak manfaat yang kita dapat dari sebuah tawa yang sederhana dan mudah dilakukan.  


Yang pertama adalah membuat hubungan kita akrab dengan orang lain.  Tertawa dapat membuat orang lain senang. Selain itu, kita dapat membuat suasana lebih nyaman dan santai. Dengan tawa, kita dapat berkomunikasi lebih mudah dengan orang lain. Jika anda mempunyai teman bisnis, tawa akan meningkatkan kinerja dan kreativitas.

Manfaat kedua adalah tertawa membuat kita sehat. Tertawa dapat meningkatkan sel-sel pembunuh kanker dan tumor. Selain itu, tawa dapat juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan melancarkan peredaran darah.

Terlebih lagi tertawa adalah obat paling mujarab untuk mengurangi rasa stress. Tertawa mengurangi hormon yang mengakibatkan stress. Ini akan mengurangi sifat pemarah yang anda punya juga. Dengan ini, kita akan merasa hidup kita lebih indah dan bermakna.

Tertawa juga bagus jika kita sedang depresi. Itu akan meningkatkan mood dan semangat kita. Kita tidak akan terpuruk pada kesedihan dan masalah kita. Sebaliknya kita akan menemukan apa sumber kesedihan dan tau bagaimana cara mengatasinya.

Jadi mulailah tertawa dari sekarang.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar