Laman

Jumat, 04 November 2011

Selain untuk Otak, Minyak Ikan juga Menetralisir Alkohol


Mengonsumsi minyak ikan ternyata tidak hanya berguna untuk pertumbuhan badan dan otak, melainkan dapat mengurangi konsumsi alkohol juga.

Dr Alexander Niculescu dari India University School of Medicine, menjelaskan bahwa terdapatnya Omega 3 dalam minyak ikan dapat mempengaruhi tingkat kadar alkohol. "Asam Lemak DHA dan Omega 3, ternyata dapat menormalisasikan kadar alkohol dalam tubuh," paparnya seperti dilansir dailymail.

Penelitian yang dilakukan Dr Niculescu ini didapat setelah ia menggunakan tikus sebagai bahan percobaannya. "Tikus diberikan alkohol sampai hilang kesadaran, setelah kesadarannya menurun, tikus kemudian diberikan suntikan Asam Lemak DHA, dan para peneliti melakukan pemeriksaan efek yang terjadi," katanya seperti kami kutip hari ini, Senin (30/5/2011).


"Kami percaya bahwa omega 3 dapat membantu pengobatan dan pencegahan dari gangguan kesadaran seseorang, dan dapat membantu netralisasi alkohol juga," kata Dr Niculescu.

Dia menambahkan sekarang ada bukti bahwa omega-3 bekerja pada asam lemak yang memberikan pengaruh pada otak dengan cara yang mirip dengan obat psikiatri. Dia menambahkan bahwa langkah berikutnya akan dilakukan studi klinis pada manusia. Secara umum, kalau sudah diuji pada binatang seperti di atas, biasanya juga akan cocok hasilnya pada manusia.



Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar